Pendidikan Terbaru Indonesia. Pendidikan Makalah Indonesia. Politik Sukses Indonesia.Pendidikan Dakwah Indonesia

Senin, 12 Januari 2015

Makalah Inovasi Pembelajaran



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latarbelakang Masalah
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya menyangkut dengan teori pembelajaran telah banyak mendorong mengilhami terhadap inovasi di bidang model-model pembelajaran. Pergeseran istilah “mengajar, belajar, proses belajar mengajar” kepada “pembelajaran semestinya tidak hanya dilihat dari sekedar perubahan, akan tetapi mendalam dan harus difahami landasan filosofi dan pergeseran paradigma yang terkandung di dalamnya.
Pembelajaran merupakan sebuah istilah yang kadang-kadang mengundang kontraversi baik di kalangan para ahli maupun di lapangan, terutama diantara guru-guru di sekolah. Sebagian pendapat mengatakan bahwa istilah pembelajaran sesungguhnya hanya berlaku di kalangan pendidikan masyarakat bukan di lingkungan sekolah, dilain pihak justru istilah tersebut sangat relevan dalam sistem persekolahan, yakni untuk membelajarkan siswa. Pendapat lain bahwa pembelajaran merupakan padanan dari nstruction, yang artinya lebih luas dari pengajaran. Pembelajaran tidak hanya berlaku dalam pendidikan melainkan dalam pelatihan atau upaya pembelajaran diri.
Memasuki abad ke -21 pendidikan harus mampu mengarahkan peserta didik agar dapat  hidup  dalam  situasi  baru  yang  muncul  dalam diri  dan lingkungannya.  Dengan kondisi  seperti  itu diperlukan  kemampuan  belajar  bagaimana  belajar (learning  how  to learn), kemampuan tersebut dapat dicapai dengan empat pilar pendidikan yang diajukan UNESCO dan digambarkan sebagai dasar-dasar dari pendidikan. Pilar tersebut yaitu learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together. Dengan memperhatikan empat pilar pendidikan tersebut, dikembangkan kompetensi-kompetensi yang berguna bagi kehidupan peserta didik dimasa depan, yaitu kompetensi keagamaan, ekonomi,  sosial, dan pengembangan diri.
Dengan demikian pendidikan bertujuan mengembangkan atau mengubah tingkah laku peserta didik. Pribadi adalah suatu sistem yang bersifat unik, terintegrasi dan terorganisasi yang meliputi semua jenis tingkah laku individu. Pada hakikatnya pribadi tidak lain daripada tingkah laku itu sendiri. Kepribadian mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : (1) Berkembang secara berkelanjutan sepanjang hidup manusia, (2) Pola organisasi kepribadian berbeda untuk setiap orang dan bersifat unik, (3) Bersifat dinamis, terus berubah melalui cara-cara tertentu.
Peserta didik memiliki berbagai potensi yang siap untuk berkembang. Tiap individu mampu berkembang menurut pola dan caranya sendiri. Mereka dapat melakukan berbagai aktivitas dan mengadakan interaksi dengan lingkungannya. Aktivitas belajar sesungguhnya bersumber dari dalam diri peserta didik. Guru berkewajiban menyediakan lingkungan yang serasi agar aktivitas itu menuju ke arah tujuan yang diinginkan. Dalam hal ini guru bertindak sebagai organisator belajar bagi siswa yang potensial itu sehingga tercapai tujuan pembelajaran secara optimal. Pembentukkan warga negara yang baik adalah warga negara yang dapat bekerja di masyarakat. Sekolah merupakan tempat untuk mencetak calon-calon warga negara yang siap untuk memecahkan masalah-masalah sehari-hari dalam lingkungannya baik di rumah maupun masyarakat. Oleh karena itu, tujuan pembelajaran terutama di sekolah atau di lembaga pendidikan umumnya membutuhkan inovasi agar dapat berkembang sesuai dengan dinamika kehidupan.
Berdasarkan latarbelakang di atas, penulis tertarik untuk membahas masalah tersebut dalam sebuah makalah yang berjudul  INOVASI PEMBELAJARAN”

B.     Rumusan Masalah
Mengingat luasnya pembahasan mengenai Inovasi Pembelajaran, maka dalam kesempatan ini penulis akan membahas Inovasi Pembelajaran secara spesipik agar makalah ini mencapai sasaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan, maka penulis merasa perlu untuk merumuskan apa yang menjadi permasalahannya. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini yaitu:
1.      Apa yang dimaksud dengan Pengertian Inovasi Pembelajaran?
2.      Apa yang dimaksud dengan Konsep Belajar dan Pembelajaran?
3.      Apa yang dimaksud dengan Pembelajaran Inovatif?
4.      Apa yang dimaksud dengan Inovasi Pendidikan?
5.      Bagaimana Peran Guru dalam Inovasi Pembelajaran?


C.    Tujuan
Tujuan secara umum dalam pembuatan makalah ini yaitu untuk memenuhi salah satu tugas dari Dr. H. Nono Mulyono, M.M. dengan mata kuliah Inovasi Pendidikan. Adapun tujuan khusus dari perumusan masalah di atas, yaitu untuk mengetahui:
1.      Pengertian Inovasi Pembelajaran.
2.      Konsep Belajar dan Pembelajaran.
3.      Pembelajaran Inovatif.
4.      Inovasi Pendidikan.
5.      Peran Guru dalam Inovasi Pembelajaran.


D.    Manfaat
Secara umum, manfaat dari penulisan makalah ini diharapkan dapat memberikan sumbangan (kontribusi) terhadap keilmuan (science) khususnya menambah pengetahuan mengenai inovasi pembelajaran untuk pencapaian tujuan-tujuan baik yang umum maupun yang khusus.
Adapun manfaat yang lainnya yaitu sebagai berikut :
1.      Memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka pengembangan ilmu pendidikan terutama dikaitkan dengan inovasi pembelajaran.
2.      Bagi penulis diharapkan pada akhirnya dapat menjadi guru yang profesional dengan kemampuan mengajar yang selalu inovatif dengan mengacu pada prinsip-prinsip pengembangan model pembelajaran yang inovatif dan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi tercapainya tujuan pembelajaran.
3.      Bagi pembaca, agar bisa menerapkan model-model pembelajaran inovatif dengan baik dan benar sesuai dengan motivasi yang positif.

Makalah Inovasi Pembelajaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

INFO Pendidikan Terbaru