Pendidikan Terbaru Indonesia. Pendidikan Makalah Indonesia. Politik Sukses Indonesia.Pendidikan Dakwah Indonesia

Senin, 12 Januari 2015

“CONTOH MAKALAH PERENCANAAN PENDIDIKAN PADA MASA DEPAN”.

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latarbelakang Masalah
Dalam Undang-Undang RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 1, diungkapkan yang dimaksud dengan pendidikan adalah: “usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar pserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negaradari defenisi pendidikan tersebut, dengan jelas terungkap bahwa pendidikan indonesia adalah pendidikan yang usaha sadar dan terencana, untuk mengembangkan potensi individu demi tercapainya kesejahteraan pribadi, masyarakat dan negara. Untuk mencapai tujuan yang tercantum dalam undang-undang tersebut, maka perlu dilakukannya sebuah perencanaan.
Perencanaan adalah hal yang penting dalam melakukan sesuatu. Perencanaan dianggap penting karena akan menjadi penentu dan sekaligus memberi arah terhadap tujuan yang ingin dicapai. Dengan demikian suatu pekerjaan akan berantakan dan tidak terarah jika tidak ada perencaan yang matang, perencaan yang matang dan disusun dengan baik akan memberi pengaruh terhadap ketercapaian tujuan. Penjelasan ini makin menguatkan alasan akan posisi stragetis perencanaan dalam sebuah lembaga. Dalam perencanaan merupakan proses yang dikerjakan oleh seseorang manajer dalam usahanya untuk mengarahkan segala kegiatan untuk meraih tujuan.
Berdasarkan penjelasan tersebut dapat dipahami perencanaan menentukan berhasil tidaknya suatu program. Program yang tidak melalui perencanaan yang baik cenderung gagal. Dalam arti kegiatan sekecil dan sebesar apapun jika tanpa ada perencanaan kemungkinan besar berpeluang untuk gagal. Hal tersebut juga berlaku dalam sebuah lembaga, seperti lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan yang tidak mempunyai perencanaan yang baik akan mengalami kegagalan. Hal ini tentunya makin memperjelas posisi perencanaan dalam sebuah lembaga. Apalagi dunia sekarang dan masa depan tantang kehidupan zaman semakin sulit dan berkembang. Untuk memperlancar jalannya sebuah lembaga diperlukan perencanaan, dengan perencanaan akan mengarahkan lembaga tersebut menuju tujuan yang tepat dan benar menurut tujuan lembaga itu sendiri. Artinya perencanaan memberi arah bagi ketercapaian tujuan sebuah system, karena pada dasarnya system akan berjalan dengan baik jika ada perencanaan yang matang. Perencanaan dianggap matang dan baik jika memenuhi persyaratan dan unsur-unsur dalam perencanaan itu sendiri.
Berdasarkan latarbelakang di atas, penulis tertarik untuk membahas masalah tersebut dalam sebuah makalah yang berjudul  PERENCANAAN PENDIDIKAN PADA MASA DEPAN.


B.     Rumusan Masalah
Mengingat luasnya pembahasan mengenai Perencanaan Pendidikan Pada Masa Depan, maka dalam kesempatan ini penulis akan membahasa Perencanaan Pendidikan Pada Masa Depan secara spesipik agar makalah ini mencapai sasaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan, maka penulis merasa perlu untuk merumuskan apa yang menjadi permasalahannya. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini yaitu:
1.      Apa yang dimaksud dengan Perencanaan Pendidikan?
2.      Bagaimana Perencanaan Pendidikan pada Masa Depan?

C.    Tujuan
Tujuan secara umum dalam pembuatan makalah ini yaitu untuk memenuhi salah satu tugas dari Dr. Asep Budi Tauhid, M.Pd. dengan mata kuliah Perencanaan Pendidikan. Adapun tujuan khusus dari perumusan masalah di atas, yaitu sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui Perencanaan Pendidikan.
2.      Untuk mengetahui Perencanaan Pendidikan pada Masa Depan.

D.    Manfaat
Secara umum, manfaat dari penulisan makalah ini diharapkan dapat memberikan sumbangan (kontribusi) terhadap keilmuan (science) khususnya menambah pengetahuan mengenai Perencanaan Pendidikan pada Masa Depan untuk pencapaian tujuan-tujuan baik yang umum maupun yang khusus.
Adapun manfaat yang lainnya yaitu sebagai berikut :
1.      Memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka pengembangan ilmu pendidikan terutama dikaitkan dengan Perencanaan Pendidikan pada Masa Depan.
2.      Hasil makalah ini dapat digunakan sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka penyempurnaan konsep maupun implementasi praktik pendidikan sebagai upaya yang strategis dalam pengembangan kualitas sumberdaya manusia khusunya tentang Perencanaan Pendidikan pada Masa Depan
3.      Dapat dijadikan sumber bagai para pembaca dalam hal yang berkaitan tentang teori-teori kepemimpinan

“CONTOH MAKALAH PERENCANAAN PENDIDIKAN PADA MASA DEPAN”. Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar

INFO Pendidikan Terbaru